Pengertian dan Job Desk Seorang IT Support
Pengertian dan Job Desk Seorang IT Support
Kamu memiliki keahlian di bidang IT? Jika iya, Kamu tentunya akan tertarik untuk mencari informasi mengenai lowongan kerja IT Supportmaupun bagian lainnya terkait keahlian tersebut. Memiliki keahlian IT memang menguntungkan, selain bisa digunakan untuk mencari pekerjaan dengan gaji yang lumayan. Keahlian ini juga bisa digunakan untuk membantu diri sendiri, keluarga, maupun orang lain yang membutuhkan. maupun
Salah satu pekerjaan di bidang IT ini adalah IT Support, yang meski tidak terdengar glamor karena pamornya tidak sesanter profesi manajer maupun direktur perusahaan namun tenaga IT ini sangat berperan penting dalam berjalannya sebuah perusahaan, terutama di era digital seperti sekarang.
Apa Itu IT Support?
Secara umum IT Support memiliki arti sebagai seorang teknisi di dalam sebuah organisasi maupun perusahaan yang bertanggung jawab pada apapun yang berhubungan dengan teknologi. Profesi ini memiliki tugas utama untuk melakukan instalasi, mengevaluasi, maupun meningkatkan kinerja dari tiga hal. Yakni perangkat komputer, softwareatau perangkat lunak, dan juga pengembangan sistem jaringan.
Pengemban profesi ini memiliki banyak tuntutan, yakni diharuskan memiliki multitalenta atau multi keahlian. Misalnya saja keahlian dalam memperbaiki perangkat komputer yang rusak, melakukan instalasi ke komputer yang digunakan bekerja oleh karyawan, setting email, setting mesin finger print, dan lain sebagainya.
baca juga: Mau Ambil Jurusan IT? Bersiaplah 5 Pekerjaan Gaji Tinggi Ini Menanti
Job Desk IT Support
Berhubung tuntutan keahlian yang wajib dimiliki teknisi ini cukup beragam, maka saat membahas mengenai job desk pun akan menjumpai banyak poin. Berikut adalah beberapa diantaranya:
- Wajib memastikan komputer yang digunakan oleh karyawan atau user dapat berfungsi dengan normal.
- Memastikan komputer tidak hanya berfungsi namun juga terhubung dengan jaringan sehingga bisa digunakan untuk kebutuhan berkomunikasi sebagaimana mestinya.
- Memastikan semua aplikasi yang digunakan oleh karyawan perusahaan berjalan dengan baik.
- Memastikan keamanan data yang tersimpan di dalam komputer karyawan perusahaan sehingga tidak mudah dicuri oleh pihak luar.
- Berusaha untuk memperbaiki segala bentuk kerusakan komputer karyawan dalam waktu sesingkat mungkin, agar bisa segera digunakan bekerja kembali.
- Melakukan update berkala untuk semua software yang terinstal di komputer seperti sistem operasi dan aplikasi apapun di dalamnya, agar berjalan dengan normal tanpa masalah.
- Melakukan setting untuk proses backup data perusahaan agar mudah untuk dicari ketika sewaktu-waktu diperlukan dan mencegah resiko data penting hilang.
- Berusaha untuk mengembalikan data yang hilang dari backup yang dilakukan pada saat sistem komputer maupun jaringan mengalami masalah.
- Memastikan semua pendukung sistem baik itu printer, scanner, maupun yang lainnya berfungsi dengan baik.
- Melakukan instalasi dan juga konfigurasi anti virus ke perangkat komputer maupun perangkat digital lain yang dimiliki perusahaan.
baca juga: 7 Metode supaya Anak Bebas Akibat Kurang baik Teknologi