Artikel Digital Marketing
Table of Contents
Apa Itu Digital Marketing?
Artikel Digital Marketing, Diigital maarketing adalah suatu aktivitas promosi, baik untuk mempromosikan sebuah brand, produk maupun jasa menggunakan media digital. Namun tahukah Anda bahwa digital marketing ternyata sudah ada sejak lama?
Istilah digital marketing memang baru ramai seiring dengan semakin banyaknya penggunaan internet. Namun ternyata teknologi digital sudah mulai dipakai sejak tahun 1910.
Pada waktu itu ada sebuah stasiun radio yang menyiarkan secara langsung pertunjukan opera dari gedung Metropolitan Opera di New York dan dapat didengarkan oleh orang-orang di beberapa lokasi yang berbeda di New York menggunakan earphone.
Perkembangan komputer dan selanjutnya kelahiran internet memperluas pengertian digital marketing. Digital marketing yang ditenagai internet menjadi semakin bertaring dalam menjangkau milyaran orang dengan biaya yang lebih rendah dari sebelumnya.
Berbeda dengan sebelum adanya internet, aktivitas digital marketing kini tidak lagi bersifat satu arah.
Manfaat Penerapan Digital Marketing untuk Bisnis
- Hemat Biaya Marketing / Promosi
- Jangkauan Pasar yang Lebih Luas dan Tepat Sasaran
- Dapat Meningkatkan Penjualan
- Menjaga Komunikasi Antara Penjual dan Pelanggan
- Analisis Digital secara Cepat dan Tepat
Keuntungan Digital Marketing dalam Berbisnis
- Lebih Hemat Biaya Promosi
- Menjangkau Target Pasar Lebih Luas
- Membantu Meningkatkan Penjualan
- Membangun Komunikasi yang Baik dengan Pelanggan
- Data Lebih Akurat dan Cepat
Kelebihan digital marketing
- Dapat menghubungkan produsen dengan konsumen melalui internet.
- Mendapatkan penghasilan penjualan lebih tinggi dikarenakan semakin sempit jarak dan waktu.
- Biaya yang dikeluarkan jauh lebih hemat.
- Digital marketing membuat penjual bisa memberikan pelayanan real-time.
- Menghubungkan penjual dengan pelanggan melalui perangkat mobile dimana saja dan kapan saja.
- Mampu memberikan kestabilan bagi brand di mata konsumen dari brand lain sebagai pesaing.
Baca juga: Tujuan Pemasaran Digital
Kekurangan digital marketing
- Konsep pemasaran online dapat mudah ditiru.
- Memunculkan banyak pesaing dikarenakan tidak ada batasan teoriti lagi yang dapat menghambat perusahaan dalam memasarkan produknya.
- Berbagai produk tertentu belum tentu cocok jika dipasarkan melalui media online.
- Jika ada reaksi balik yang negatif dari konsumen yang muncul di internet,dapat merusak reputasi perusahaan secara cepat.
- Digital marketing terlalu bergantung dengan tekmnologi.
- Tidak semua kalangan sudah melek teknologi. Usia produktif mayoritas teknologi yang akan mampu menerapkan digital marketing secara maksimal.
Jenis digital marketing
- Search Engine Optimization (SEO)
- Search Engine Marketing (SEM)
- Social Media Marketing (SMM
- Pay Per Click (PPC)
- Content marketing
- Email marketing
- Affiliate marketing
Strategi Digital Marketing
- Situation Analysis (Analisis Situasi)
- Strategic Planning (Strategi Perencanaan)
- Objectives (Tujuan)
- Implementation Plan (Rencana Pelaksanaan)
- Budget (anggaran)
- Evaluation Plan (Rencana Evaluasi)